Tuesday, July 5, 2016

this ME

  1. Terima kasih hanya kata itu yang bisa aku ucapin sekarang. Makasih banyak buat seseorang yang udah kasih warna dalam idup aku kak anka fadillah, mungkin dia gak akan baca tulisan ini. Tapi setidaknya kenangan yang udah dia kasih buat aku masih bisa dibuka ketika aku lupa nanti.
    kak anka mungkin bulan februari tahun ini kita baru kenal. Itu pun karena ada kepentingan organisasi yang mempertemukan kita. Entah apa yang membuat aku sama kak anka bisa langsung dekat. Aku masih inget dihari pertama aku ketemu ka anka adalah disaat wawancara Bem, namun sebelumnya kita udah pernah chat. Karena kak anka tau aku dari kepengurusan Bem tahun sebelumnya. Dihari yang sama itu pula aku punya temen baru yaitu kak febby ama kak rio yang dikenalin sama niken. Hari pertama kita ketemu kita udah seru, kita udah makan bareng ber-5. Aku masih inget kak anka minta aku jadi wakil kaka, dan aku becandain kak anka dengan gak mau jadi wakil kak anka. Seru banget aku inget-inget semua hal itu.
    Sampe akhirnya aku sama kak anka udah kaya orang yang udah kenal lama. Dihari pertama rapat kak anka bela-belain jemput aku sampe motor kak anka ampir tabrakan sama motor yang lainnya. Aku tau kak anka kesel banget disitu, kak anka juga jemput anggota yang lain dari departemen kita tapi pas udah ditunggu dianya blom kelar juga urusannya. Dari awal harusnya aku udah tau kak anka orangnya panikan.

    oiya sebelum rapat pertama itu, aku ama kak anka udah pernah ketemu buat ngobrol-ngobrol tentang departemen kita. Kita ngobrol waktu itu ampe malem dan disitu kak anka banyak cerita tentang gimana kak anka bisa jadi kepala departemen. Gak kerasa udah malem, kostan aku udah dikunciin. Karena pak satpam yang jagain waktu itu ada sedikit miskom sama kehadiran aku di depan gerbang, akhirnya aku manjat gerbang alhasil kaki aku keseleo dan berdarah2. Sampe beberapa hari jalan aku pincang karena pergelangan kaki aku bengkak jari aku juga bengkak soalnya ada luka. Pokoknya meskipun hari itu aku merasakan sakit tapi aku seneng, gak tau kenapa bisa seneng.
    Kedekatan aku sama kak anka semakin hari semakin baik, dia udah sering cerita tentang kehidupannya mulai dari kisah cinta nya, kuliah dia ampe vespa kesayangan dia. Saat itu aku gak pernah berpikir bahwa aku akan nyaman dengan kahadiran dia. Waktu itu aku hanya berpikir bahwa aku dan kak anka bisa langsung nyambung aja gitu meskipun curhat hal2 yang sifatnya pribadi. Masalah di departemen pun selalu kita berdua omongin.

    Entah apa yang membuat aku selalu mau kalo dia ajak maen, entah karena aku udah percaya sama dia ato apapun. Intinya aku gak bisa tolak ajakan dia kalo dia ajak aku maen keluar meskipun bukan untuk membicarakan masalah departemen.
    Banyak cerita yang udah aku lewatin sama kak Anka, yang menurut aku itu udah bikin hari-hari aku selama kuliah jadi berwarna. tapi entah cerita itu semua jadi kenangan buat ka Anka juga ?

    Kita pernah ke bandung berdua cuma demi nemenin ka anka ke borma. abis itu kita ampe malem muter2 dibandung demi mau ke braga. pulangnya ujan2nya, tapi aku seneng.
    Mungkin itu semua yang bikin aku selalu nyaman ada dideket ka anka.

    Sekarang udah 5 bulan kita kenal ka, aku pernah merasa ka anka perhatian sama aku, cuek ama aku, sampe tiba2 ilang juga pernah. Munkin aku suka ribetin ka anka dengan pikiran2 aku yang gak bisa aku simpen, aku selalu omongin ke ka anka. maafin aku ka :(
    dan sekarang aku gak tau, setengah tahun kepengurusan lagi masih bisa gak ya aku profesional. Jujur aku nyaman dan mungkin bisa dibilang aku udah ngarep sama ka anka. Kali ini aku gak bisa bilang sama ka anka, karena aku takut kita jadi jauh. sekarang aja ka anka udah mulai ilang2, dan bikin aku kangen sama ka anka.

    Kak Anka hari-hari yang pernah kita abisin bareng mulai dari ngopi bareng, makan bareng, nonton bareng, rapat bareng, berantem, jenguk ka uki bareng, gabut bareng aku harap ka anka juga gak lupa ya. Makasih udah bikin aku nyaman, bikin aku selalu berharap tentang kita yang lebih dari sekedar partner dalam organisasi. Aku menikmati rasa rindu aku yang gak bisa aku omongin ke ka anka, rasa khawatir aku, rasa sayang aku, dan aku selalu menikmati chat2 ka anka ke aku yang tiba2 perhatian, tiba2 jutek,cuek, gak di read seharian. Tapi aku masih tetep bls gak kurang dari 4-6 jam aja, karena aku gak kuat buat bls chat dari kaka.
    Makasih banyak kak Anka udah bikin hati aku gak karuan. Semuanya aku nikmatin ko, mulai dari tiba2 aku nangis karena aku sadar aku sayang sama ka anka. Mulai dari aku menghindari ka anka supaya aku gak makin nyaman sama ka anka. tapi semuanya sia2 aku tetep berharap sama ka anka. Dan sekarang aku gak tau harus kaya gimana, ka anka tiba2 suka ilang2 an. Sebenernya sekarang aku cuma pengen bilang aku kangen ka anka :( Kak anka apa kabar ? Kak kenapa lama banget bls chat aku? kak kenapa gak cerita lagi tentang keseharian kaka ?
    hah tapi aku sadar aku gak mungkin bisa.


    Buat kak Anka Fadillah Sapta Samudra, terima kasih ya udah bikin aku jatuh dan belajar buat sabar dan menjadi wanita yang selalu mendoakan hal2 baik terjadi disekitar kita.
    Aku gak yakin dengan pengharapan aku sama kamu kak. tapi udah kenal ka anka aku bersyukur aku masih bisa merasakan aku sayang sama seseorang.
    makasih atas pembalajaran yang ka anka kasih buat aku tentang mencintai orang tua.

    Aku harap ka anka selalu rajin beribadah ya, selalu mau belajar jadi orang yang baik. Maafin suka nyuruh ka anka sholat, padahal aku sadar aku bukan siapa2 ka anka.
    semua cerita pasti selalu aku inget :) Makasihhhhhh kak.
    5

    Lihat komentar



  2. 1 tahun ? apanya si yang 1 tahun. umur lo ? anniv ? apanya yang setaun, yang udah setaun adalah kuliah nya wkwkwk gak kerasa banget ya udah 2 semester terlampaui. Sumpah baru serasa kemaren dibentak-bentak ama senior, lah ini kita udah mau punya ade tingkat lagi (lebay dikit ye).
    Mau cerita ya setaun kemaren udah ngapain aja. 2 semester kemaren aku bisa bilang adaptasi terhadap lingkungan nya super sekali lah. Mulai dari adaptasi ama jurusan ampe fakultas ampe univ juga. nah 1 taun ini juga udah dapet temen, sahabat yang udah kaya keluarga, gebetan juga dapet lah satu ato dua :( wkwkwk yang terpenting si dapet ilmu yang bermanfaat guys :). Kita list dulu deh dari akademik ya.

    Akademik selama satu taun kemaren itu, alhamdulillah lancar, memuaskan. Bikin rambut rontok juga si selama prosesnya, begadang disetiap nugas. Insomnia yang gue punya makin jadi setelah nugas. Jadwal baca buku masih tertempel di dinding tapi agak berantakan dengan implementasinya. Belajar pas mau uas ato uts aja itu masih gue lakuin kaya pas jaman SMA. Tapi untungnya gue punya kelompok belajar, proud of Mela Maulani mahasiswa Antropologi yang ip nya 4.00 guys. Dia yang selalu bantu gue belajar, mantap dah wanita yang satu ini. tapi jangan bikin die galau ya, ntar jadinya kagak belajar. Mela selalu galau ama cowonya wkkwkwk. oiya ada satu lagi temen kelompok belajar gue, namanya niken, nih orang sukanya ngerecokin sama kaya gue si, tapi kasih warna dalam kelompok belajar wkwkwk kerjaan nya dia adalah laper mulu, pipis mulu, ngeluh mulu ribet dah pokoknya. Tugas alhamdulillah selalu tepat waktu berada ditangan dosen. Absen kuliah 1 ampe 2 kali doang itu juga gara-gara sakit :(. Udah cukup kayanya akademik segitu doang.

    Sekarang organisasi yang aku ikuti.
    Taun ini ada 2 organisasi, yang pertama di Bem Fisip Unpad, dan gue menjabat sebagai wakil kepala departemen (sombong haha) yang kedua di hima jurusan dan menjabat sebagai sekretaris departemen (sombong lagi). Problem di kedua organisasi ini selalu menghampiri saya guys :( tapi ilmu untuk jadi seorang pemimpin juga gue dapetin si alhamdulillah. Btw masih ada setengah taun kepengurusan lg di dua organisasi ini ampe nanti akhir taun 2016. tapi gue bukan hanya aktif di dua organisasi ini aja, kepanitiaan pun saya jabanin wkwkwk. Mulai jadi LO di PNMI, apaan tuh PNMI ? yaitu Pertemuan Nasional Mahasiswa Indonesia, wuih sedap gak tuh ruang lingkupnya Nasional. Jadi anggota di divisi acara UGS,apaan lagi dah itu. unpad goes to school genggg wkwkwk. Di semester pertama juga pernah ikut magang bareng bem fisip sebelum akhirnya resmi jadi anggota bem fisip horeeee :). Panitia waktu mubes antropologi juga iya, disana gue jadi humas. Kesibukan sekarang yang lagi dikerjakan buat nanti semester depan udah numpuk juga nih. Mulai dari harus tetep ngurusin 3 proker di Bem, proker di hima juga, jadi panitia di autumn market bulan oktober btw acara ini super banget deh gue jadi wakil koor logistik disini wkwkwk. terus acara di hima gue jadi koor marketing yang acaranya buat bulan september. Sibuk ye keliatannya dan agak sombong, bukan sombong guys tapi saya pengen kasih motivasi buat kalian organisasi itu seru. Walaupun didalamnya kalian bakalan ngerasain nangis campur adukan kesel seneng dll. Di organisasi lo bakalan nemuin banyak temen, yang mungkin di kelak kemudian hari bakalan jadi partner bisnis lo, ato pun partner hati eaaa baper dah. Tapi seriusan dengan organisasi relasi lo semakin banyak bukan cuma punya temen satu jurusan aja tapi dari jurusan laen juga. Organisasi cukup kayanya segitu doang ye.

    sekarang apalagi ya, persahabatan alhamdulillah kayanya lancar masih punya temen buat curhat. wkwkwkwk
    gebetan, gausah dulu lah ya ntar yang ada galau mulu :(

    oiya ada beberapa orang yang emang selama semester kemaren selalu buat cerita sendiri di kehidupan aku sebagai mahasiswa. Mulai dari grup mela,niken. Grup cikande yang beranggotkan, ka febby yang super bijaksana dan geulis. Ka anka fadillah yang merangkap jadi kadep gue, dari rambut gondrong ampe dipotong. Ka rio yang baik hati, dengan masakannya yang super sedap. Ka fadli yang bikin ngakak suasana cikande, PO AUTUMN. Niken juga masuk sini nih :)
    Temen-temen sekelas yang heboh, temen sekamar gue. Kaka2 tingkat jurusan antropologi yang kenal gue wkwkwk. Kaka2 tingkat dijurusan laen juga. Semua luar biasa udah bikin cerita dikehidupan saya yang singkat ini. Makasih buat segala momen-momen nya. 2 semester kemaren sangat luar biasa :) see u di semester depan dan depannya lagi, lagi, dan lagi. wkwkwkwkw

    Btw sebelum aku balik ke kampung halaman, ka feb, ka anka, ka rio, ka fad nemenin aku buat menghabiskan malam di jatinangor wkwkwkwk Makasih banyak yaaa,aku berharap semuanya akan tetep sama. Kebersamaan kita walaupun ntar pasti kaka2 ini udah pada lulus.

    Ada pepatah bilang kalo kalian berani meninggalkan keluarga, sahabat di kampung halaman untuk merantau mencari ilmu. Pasti nanti kau akan menemukan yang sama di perantauan sebagai penggantinya.
    Semoga kalian semua adalah keluarga dan sahabat ku ya :)
    1

    Lihat komentar



  3.     Rangkaian kata indah mungkin sudah tercipta sejak awal pertemuan. Harapan untuk lebih mengenal mu sudah pasti pernah terbersit di hati. Tapi tak tahu bagaimana cara untuk mengenal mu lebih jauh. Mencoba mengungkapkan mungkin hal ini yang tak mungkin terjadi. Setelah di renungkan, banyak kejadian yang tak bisa disebut oleh kebetulan. Aku mengenal mu bukan sebuah kebetulan. Tapi suatu nikmat dari tuhan, yang bisa jadi terlalu aku maknai berlebihan.
    Aku sempat berfikir dan bertanya mengapa tuhan memberikan kita rasa ketertarikan terhadap lawan jenis. Terlalu lama aku menjadi seseorang yang hanya diam dengan perasaan yang tak bisa dijelaskan. Aku menemukan jawaban nya ketika 2 pasang mata ini menatap 2 pasang mata yang membuat jantung semakin berdetak cepat.
        Ternyata tuhan memberikan rasa ini, untuk melihat seberapa bisa kita dalam menjaga kepercayaan tuhan terhadap kita. Bukan untuk mengagungkan mahkluk ciptaan tuhan, namun aku hanya terkesima dengan kehebatan nya. Dalam hitungan detik dan menit semua bisa berubah, dari hati yang awalnya diam kini berkecamuk tak karuan. Mungkin benar pertemuan pertama bisa membawa kita pada pertemuan kedua dan pertemuan selanjutnya. Semakin hari semakin hati berkata, sepanjang hari mulut hanya terdiam.
        Pernah menyesal pada diriku, mengapa aku bisa merasakan hal yang tak bisa aku ungkapkan. Dan berfikir apa hanya aku yang merasakan nya. Sedangkan makhluk yang sudah membuat hati ku seperti ini tak merasakan apapun. Oh harus ku hempas rasa penyesalan ini jauh-jauh, sungguh merendah bila berfikiran seperti itu. Tapi masih belum habis dengan pemikiran itu, muncul kembali pertanyaan. Apa ada di luar sana diam-diam sama mempunyai rasa seperti itu padaku, tapi itu siapa. Mengapa tak ungkapkan padaku, apa kah kau sama seperti ku. Yang takut hal buruk menimpa mu, jadi kau hanya terdiam saja menikmati rasa yang semakin lama semakin mengiris kalbu. Jadi, jika semua nya begitu mengapa hal mengharapkan masih ada dihati ku. Bukan kah tuhan menganugerahkan rasa ini untuk beribadah kepadanya.
        Apakah hanya seorang wanita saja yang banyak merasakan hal ini. Oh sepertinya tidak, lelaki pun aku yakin merasakan hal ini. Toh mereka sama mempunyai hati, namun keberanian mereka lebih dari seorang wanita. Namun mereka pun harus membuat keputusan yang tepat sebelum semuanya mereka ungkapkan. Keputusan yang kuambil dalam waktu dekat ini, mungkin akan tetap diam dengan rasa ini. Hingga aku melihat ada sesuatu hal yang menyakitkan yang bisa membuat perasaan ini, pergi dan terekam sebagai sebuah lukisan dalam amplop merah muda.
        Aku tak berharap kau mengetahui nya. Karena jika kau mengetahui itu akan membuat ku semakin sakit. Mengapa begitu, karena kau mengetahui tapi kau tak melakukan apa-apa. Sehingga aku dapat berspekulasi kau tak menginginkan itu terjadi kan. Rumit memang tapi ini yang terjadi. Tapi tenang aku suka dengan rasa diam ku, rasa tersembunyi ini. Kecuali jika memang kau siap untuk membawa ku dari dunia persembunyian ini. Aku tak memaksa, senang bisa berkenalan dengan anda. Dan terima kasih telah membuat hati ku menyimpan namu mu diruangan nya. Hati, jiwa, perasaan masih akan sama jika kau melihatnya.
    0

    Tambahkan komentar



  4. First time gue bikin karya jurnalistik yaitu feture. Makasih buat ka baim udah mau jadi narasumber, yang rela bales chat gue jam 12-2 malem dan makasih buat jawaban nya yang super sekali. Seneng bisa kenal sama ka baim :) Rambut gondrongnya yang selalu wangi oleh shampo d--e yang bikin gue selalu gemea. hehehe
    Semoga bermanfaat ya :)
    Come on read this my feature :) enjoy guys


    Ibrahim Riansyah : Antropologi, bukan mengubah sudut pandang
    Oleh : Gadis Shintya

               Npm : 170510150004  
                                                                                                               Tugas : PKL
                                                             
    Sambil bertopang dagu diatas meja batu. Rambut panjang sebahu ia kibaskan, membenarkan
    kacamata pada posisinya. Sebuah senyum yang terlukis menyambut kehadiran saya. Dari meja
    batu fisip, Ibrahim Riansyah bercerita, mengemukakan pandangan, dan kesan berkuliah di
    Antropologi.
    Lelaki 21 tahun ini tercatat sebagai kerabat human, sebutan bagi mahasiswa Antropologi Unpad.
    7 semester ia berkutat dengan Antropologi. Bukan dengan mudah berada di posisi saat ini.
    Bertemu hal baru yang tidak sesuai kebiasaannya, tak membuat ia menyerah. Karena, lelaki yang
    biasa disapa Baim ini mengambil keputusan untuk berkuliah di Antropologi. Seperti yang ia
    katakan “di keluarga saya, selalu diajarkan untuk tetap memegang komitmen yang sudah dipilih
    dan menyelesaikan semuanya itu.”
    Baim pun menuturkan bahwa ia memilih Antropologi bukan hanya ia cocok dengan ilmu ini.
    Sebuah bujukan keromantisan dari wanita bernama Sharlen, membuat ia semakin mantap untuk
    tetap di Antropologi. Keromantisannya dengan Sharlen adalah keromantisan seorang sahabat
    ungkap Baim. Jikapun keromantisan itu lebih dari sekedar sahabat saya tidak tahu, karena
    informasi ini yang saya dapatkan.
    Tahun pertama Baim kuliah di Antropologi membuatnya shock culture. Dimulai dari jam
    perkuliahan, sampai pergaulan anak Antropologi.
    “Sempet kaget sih, sama jam kuliah. Kuliah pagi itu kan jam 08.00, sedangkan waktu SMA
    06.30 udah telat.” tutur baim dengan tersenyum. Tetapi, ia bisa mengatasi semua itu dengan
    adaptasinya yang baik.
    Begitu juga dengan pergaulan yang ada di Antropologi. Baim melihat bahwa pergaulan anak
    Antropologi itu unik tidak sama halnya dengan pergaulan anak fisip lainnya. Lelaki yang
    sekarang ini memiliki rambut yang biasa dikatakan ‘gondrong’ ini. Berpendapat bahwa ia
    memanjangkan rambutnya bukan karena pergaulan yang ada di Antropologi. Namun, baim
    mengatakan bahwa rambutnya itu sebagai simbol dalam ‘kebebasan’.
    Selama Baim berkuliah di Antropologi, ia sudah merasakan bagaimana badai menerpanya. Badai
    yang paling Baim rasakan dan ia tak pernah melupakannya, adalah saat ia mempelajari metode penelitian. Dimana Baim bercerita, bahwa belajar metode penelitian prosesnya tidak semudah
    yang awal Baim pikirkan. Karena, proses-proses dalam metode penelitian ini haruslah selalu 
    memperhatikan kode etik penelitian. Khususnya yang tak pernah membuat Baim untuk terus 
    belajar dalam metode penelitian adalah validitas dan analisis. 
    Baim pernah merasakan bahwa Antropologi bukanlah passion nya, namun Baim mengenyahkan 
    semua pemikiran itu. Baim teringat kembali pada perjuangannya untuk mendapatkan 1 buah 
    bangku di perguruan tinggi. Baim berjuang keras untuk mendapatkannya melalui ujian SNMPTN 
    tulis, dan ia berhasil pada pilihannya yang kedua yaitu Antropologi. 
    Seiring dengan berjalannya waktu Baim belajar di Antropologi. Baim telah membuka sudut 
    pandangnya terhadap semua yang terjadi di sekitarnya. Namun ia menegaskan bahwa 
    Antropologi tidak untuk mengubah sudut pandangnya, terutama pada pandangan terhadap 
    kepercayaannya. Karena ia bertutur dalam hal itu Baim tidak suka untuk diganggu.
    Apa permasalahan selama ini ada dalam ilmu Antropologi ?
    “Menurut saya seharusnya Antropologi bisa mengkupas fenomena-fenomena sosial sedalam-
    dalamnya. Namun, dalam kenyataannya sekarang Antropologi hanya mengkaji dari kulit-kulit 
    permasalahannya saja.” ungkap Baim dengan serius dan bersemangat kepada saya. 
    “Contoh, misalkan kita sedang membicarakan persoalan fenomena ekonomi dunia. Yang mana 
    kemarin sempat anjlok, kita disana tidak bisa membahas dan mengkaji teknis kecacatan 
    sebenarnya dari sistem kapitalis. Sehingga secara umum kita tidak bisa bicara bahwa itu adalah 
    sistem yang cacat.” lanjut Baim dengan semangat yang semakin membara.
    Baim pun sedikit memberikan bagaimana seharusnya kita memandang sesuatu dalam kacamata 
    seorang Antropolog. Yang sudah ia bisa simpulkan selama Baim menjadi mahasiswa di jurusan 
    Antropologi Unpad.
    “Saya merasa cara memandang manusia baik individu atau kelompok, saya tidak bisa menilai 
    baik atau buruknya dari sudut pandang saya sendiri atau hal yang saya anggap ideal. Jadi saya 
    berusaha untuk mengerti apa yang baik atau buruk menurut sudut pandang orang itu sendiri. 
    Intinya adalah sekarang saya berusaha memahami frame dari orang itu terlebih dahulu.” tutur 
    Baim mengumukakan pandangan nya. Terlihat Baim sangat bersemangat dalam menuturkan 
    semuanya kepada saya.
    Terima kasih, Baim. Semoga cerita, pemandangan kamu dapat dijadikan inspirasi perubahan 
    bagi kita semua. Terutama bagi ilmu Antropologi yang sedang saya dan kamu dalami. Salam 
    perjuangan!

    0

    Tambahkan komentar



  5. Kali  ini aku kembali menemukan satu warna pelangi. Namun entah mengapa selalu saja aku dibuat kecewa. Disaat aku ingin memiliki pelangi itu aku harus sadar dalam realita. Di telinga ku masih saja terdengar suara khas pelangi menyebut nama ku. Ingin aku terus mendengar nya. Namun tentu saja aku harus bangun pada kenyataan, kau harus bangun itu semua cuma harapan mu pada pelangi satu warna itu saja. Disaat aku mencoba untuk seperti orang lain, yang tidak melihat dunia sekitarnya. Aku terus terjatuh dan terjerembab dalam warna pelangi yang selalu menyilaukan. Aku berikan nasihat pada yang lain, agar selalu tidak menatap pelangi yang lain. Namun aku sendiri yang terjebak. Sudah ku coba untuk melihat pelangi itu dengan biasa, tapi tetap saja tak bisa. Berharap dengan semua angan dalam diriku, membuat semua isi hati ku tak menentu. Kenyataan yang hanya bisa membangunkan aku, kali ini kenyataan itu hadir di depan mata ku. Sakit memang melihatnya, tapi apa aku salah bila ingin memilikinya. Aku juga tak mau, aku juga tahu bahwa semua imjinasi dalam khayal ku akan menjadi realitas. 
    Melihat diriku yang teramat malang dalam mencari satu warna pelangi. Rasa nya aku ingin berteriak dan bertanya, mengapa aku seperti ini ? tapi hal itu ku urungkan, hal itulah yang akan membuatku tampak semakin menyedihkan

No comments:

Post a Comment